Tips membeli Handphone Second

Tips membeli Handphone Second | Ada banyak orang yang memilih untuk membeli HP second pada konter-konter/orang tertentu namun tidak sedikit pula yang menyesal dengan kondisi HP-nya tersebut, bahkan ada yang ingin menjualnya kembali meskipun harga jualnya menjadi lebih turun.

Pada post ini saya akan memberikan sedikit tips yang saya ketahui dalam memilih HP bekas atau second yang mungkin bisa memberikan pencerahan. Adapun tips-tipsnya diantaranya :
  • Pastikan kode IMEI pada HP cocok dan sama dengan kode IMEI pada boks.
    Biasanya, ponsel second/bekas yang tergolong masih keluaran terbaru dan masih tersedia barang barunya, selalu ada kecocokan antara IMEI HP dengan IMEI yang tercantum di box yang disertakan, berbeda dengan ponsel second keluaran lama yang kemungkinan IMEInya sudah tembus, atau si pembeli mendapatkan box model yang sama dengan IMEI yang berbeda dari yang tercantum pada ponsel.
    *IMEI disebut juga dengan MEID untuk ponsel berbasis CDMA.
  • Pastikan kelengkapan yang ada masih tersedia dan berfungsi dengan baik, terutama charger.
    Pada hp second model terbaru, biasanya masih disertakan kartu garansi sehingga anda dapat dengan mudah melakukan perbaikan di service center resmi dengan memanfaatkan kartu garansi yang tersedia. Itupun selama ponsel masih ada dalam masa garansi.
  • Pastikan kondisi fisik body ponsel masih bisa dibilang bagus.
    Ini dapat dilakukan dengan cara konsultasi kepada penjual mengenai kondisi tulang rangka, casing, kondisi baterai, kondisi layar LCD apakah retak, kotor, dll. Sebenanya casing tidak terlalu penting, karena biasanya kerusakan pada casing hanyalah terdapat sayatan kecil dan sebagainya, yang tidak berpengaruh banyak dengan kinerja.
  • Pastikan fitur dan periferal yang ada pada ponsel masih berjalan dengan baik, misal dengan mengecek speaker dan mic, charger, earphone, kabel USB, keypad/layar sentuh, kamera, fitur perekam video, FM radio, music player, internet, dan fitur lainnya.
  • Pastikan ponsel bebas dari masalah software seperti virus, masalah hang, restart, dan sebagainya. Biasanya, konter-konter HP pun sudah memperbaikinya sebelum benar-benar dijual supaya bebas dari masalah software.
  • Pastikan harga second HP tersebut masuk akal alias sesuai dengan kondisi pasaran dan kondisi fisik ponsel itu sendiri. Di majalah dan website yang menyediakan harga ponsel dan review ponsel, biasanya selalu terdapat mengenai harga baru sebuah ponsel, begitu juga dengan harga second dan harga jual kembalinya.
  • Pastikan anda membeli ponsel second tersebut dari penjual yang terpercaya, supaya anda tidak tertipu dengan apa yang ditawarkan penjual yang tidak bertanggung jawab, seperti kondisi fisil yang mulus dengan harga murah, padahal dalam kenyataannya tidak.
  • Jika anda hendak membeli ponsel second dari forum atau situs jual beli, Baca keterangan yang tercantum dalam iklan/lapak, dan jika si pengiklan menyarankan COD (Cash on Demand/bayar ditempat), maka lakukanlah COD untuk mencoba barang secara langsung.
Dengan demikian anda bisa lebih selektif dalam memilih HP bekas sesuai kebutuhan, agar tidak ada keluhan dan penyesalan setelah anda membelinya.

Sekian semoga postingan saya ini bisa membantu.. :D.

Terima kasih atas kunjungan anda. Ayo berkomentar demi mempererat tali silaturahmi kita sesama blogger dan demi memajukan blog ini! Karena komentar anda adalah dorongan dan motivasi bagi saya untuk tetap bisa menyajikan yang terbaik bagi anda. Dan saya, dengan senang hati akan berkunjung ke blog anda, jika ada kesempatan. ;-)

PERINGATAN : Komentar yang berisikan kata-kata negatif, komentar yang berbau SARA, atau komentar SPAM, akan di HAPUS oleh admin.