Cara Membuat Tema Untuk Nokia Java S40 dan Sony Ericsson Java

Cara Membuat Tema Untuk Nokia Java S40 dan Sony Ericsson Java | Bosan mendownload tema yang jarang update? Terbayang memiliki tema untuk ponsel anda dengan desain yang diinginkan namun tidak menemukannya di internet? Atau tema yang sudah di download tampil tidak sesuai dengan keinginan? Saatnya membuat tema untuk ponsel anda sendiri.

Disini saya akan berbagi cara untuk membuat sendiri tema untuk ponsel Nokia S40 atau Sony Ericsson Java anda. Mungkin agan-agan ada yang tahu bagaimana caranya untuk membuat tema tersebut kan? Salah satunya dengan menggunakan Carbide.ui Theme Edition atau Sony Ericsson Theme Creator. Atau mungkin ada agan-agan yang sudah tahu cara yang saya tawarkan ini?

Disini anda akan menggunakan software untuk handphone anda yaitu BlueFTP. Aplikasi ini berfungsi layaknya Windows Explorer di PC Windows.
  1. Download BlueFTP Disini
  2. Siapkan tema yang akan diedit. Buka BlueFTP dan anda akan diarahkan pada tampilan seperti berikut: 

  3. Buka tema anda di tempat dimana anda menyimpannya, lalu pilih Menu>Select All. Semua file yang ada pada tema akan dipilih. Setelah itu pilih Menu>Extract Selected Items.
  4. Buat Folder tempat file yang di-extract akan disimpan, saat saya coba saya membuat folder "Test". Masuk ke folder "Test" kemudian pilih Menu>Extract Items Here. Sekarang anda bisa mulai mengedit theme-nya.
  5. Keluar dari Aplikasi BlueFTP. 
  6. Anda bisa mengedit tema yang di-extract pada folder "Test" tadi, bahkan mengganti gambarnya. Saran saya, akan lebih efisien untuk mengedit atau mengganti gambar-gambar yang di-extract pada handphone namun akan lebih mudah untuk mengedit dan mengganti gambarnya dengan menggunakan PC. Bahkan di PC anda bisa mengedit File XML yang ada pada folder tempat tema di extract.
    *Catatan: Bila anda mengganti file gambar yang ada pada folder, nama dan format file gambar pengganti harus sesuai dengan yang akan diganti. Tapi jika berbeda, anda bisa mengubahnya dengan menggunakan BlueFTP dengan memilih file dan memilih Menu>Rename Item. Setelah itu anda bisa menghapus file yang diganti.
  7. Setelah selesai mengedit, Masuk kembali Ke BlueFTP. Buka folder "Test", pilih Menu>Select All. Setelah itu pilih Menu>Compress Items (.nth) Untuk Nokia, Compress Items (.thm) untuk Sony Ericsson.
  8. Pilih tipe kompresi sesuai keinginan. Anda tinggal tunggu Process kemudian dialog yang menyatakan "successful" akan muncul, jika berhasil
  9. Keluar dari Blue-FTP, buka dan terapkan tema yang baru saja diedit.
  10. Done... :D
Anda pun kemudian bisa menikmatinya sendiri atau membagikannya bersama teman-teman/kerabat anda.

Selamat mencoba dan selamat menikmati.. :D

2 comments

wew
izin praktek mas ^_^
http://rendywira.blogspot.com/

Balas

Terima kasih atas kunjungan anda. Ayo berkomentar demi mempererat tali silaturahmi kita sesama blogger dan demi memajukan blog ini! Karena komentar anda adalah dorongan dan motivasi bagi saya untuk tetap bisa menyajikan yang terbaik bagi anda. Dan saya, dengan senang hati akan berkunjung ke blog anda, jika ada kesempatan. ;-)

PERINGATAN : Komentar yang berisikan kata-kata negatif, komentar yang berbau SARA, atau komentar SPAM, akan di HAPUS oleh admin.