Sekilas Mengenai BlueFTP

Sekilas Mengenai BlueFTP | BlueFTP (Bluetooth File Transfer) adalah software manager file yang diproduksi oleh Medieval Software. Aplikasi ini bekerja layaknya Windows Explorer pada PC ber-OS Windows.

Sesuai namanya, aplikasi ini mengharuskan anda untuk menghidupkan bluetooth pada ponsel anda. Namun sebenarnya anda pun dapat menjalankannya tanpa mengaktifkan bluetooth terlebih dahulu. Ini dikarenakan aplikasi ini mengandalkan OBEX FTP untuk mendapatkan fitur maksimalnya.

FUNGSI

Aplikasi ini dapat mengatur file-file yang ada dalam ponsel pada tingkat dasar, seperti me-rename, copy, paste, dan delete. Selain itu dapat digunakan untuk menindak lanjuti file-file yang ada pada ponsel, seperti mengubah permission pada file-file tertentu seperti gambar, video, audio, folder, aplikasi, atau file lainnya. dalam bahasa kerennya, disebut CHMOD.

Aplikasi ini pun dapat digunakan untuk meng-hidden file atau folder tertentu yang ada dalam ponsel. Ini membuat File atau folder yang di-hidden tidak bisa dilihat oleh orang lain bahkan aplikasi bawaan ponsel itu sendiri (Contoh : Music Player yang mendeteksi file mp3). Namun file yang dihidden oleh BlueFTP dianggap di-hidden hanya oleh aplikasi bawaan ponsel kita saja, sehingga file tersebut tetap bisa dilihat menggunakan BlueFTP dan aplikasi file manager external ponsel lainnya.

Selain itu, BlueFTP pun bisa digunakan untuk me-manage file yang ada pada ponsel orang lain/ponsel selain ponsel kita, menggunakan Bluetooth. Tentu saja anda tidak boleh berfikir aplikasi ini digunakan untuk meng-hack isi file ponsel lain. Itu tidak baik. Maksudnya adalah anda dapat menerima dan mengirim file antara ponsel kita dan ponsel lain. Cukup mengkoneksikan kedua ponsel dan menghubungkannya dengan bluetooth, lalu BlueFTP akan menampilkan seluruh file yang ada pada ponsel pihak kedua, tinggal kita memilih file mana yang akan diambil.

Tidak hanya itu saja, anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat file arsip berformat .zip, .jar, .tar, .gz bahkan anda dapat membuat tema ponsel sendiri dengan tersedianya kompresi ke format .nth (tema Nokia) dan .thm (tema Sony Ericsson Java).

KETERSEDIAAN

Aplikasi ini sudah tersedia untuk berbagai platform. Namun yang paling banyak didownload adalah BlueFTP untuk ponsel Java J2ME. Dan untuk versi terbaru BlueFTP Java, kini sudah mendukung interface yang touch-optimized utnuk Perangkat Nokia S40 Touch and Type dan Ponsel Java Layar sentuh lainnya. Ini terbukti setelah saya mencobanya pada ponsel saya Nokia C2-03 dan saya dapat melakukan navigasi pada aplikasi selayaknya menggunakan antarmuka touchscreen. Selain itu fiturnya pun Alhamdulillah berjalan dengan lancar.

Aplikasi ini juga tersedia bagi smartphone Android, mulai untuk versi 1.5 Cupcake, 1.6 Donut dan 2.0 keatas. Untuk 1.5/1.6, anda disarankan untuk me-root device anda terlebih dahulu, tapi untuk 2.0 anda tidak  perlu melakukan root. Aplikasi ini pun sudah tersedia untuk PC.

Bagi yang berminat atau yang membutuhkan, anda bisa mendownloadnya pada link di bawah:

  • Java J2ME (Nokia S40 atau OS Java lainnya) >> Disini
  • Android 1.5, 1.6, dan 2. keatas >> Disini atau Disini
  • PC/Windows XP/Vista/7 (instalasi Microsoft .NET Framework 2.0 dibutuhkan) >> Disini

Atau kunjungi situs resminya di http://www.medieval.it.

Dan itulah informasi mengenai BlueFTP dan link Download untuk gadget anda.

2 comments

Aplikasi ini dulu saya pake di hp nokia java, bisa untuk mengerjain hape orang lain

Balas

He Said To Admin Plz ,,,,
Java ....Blue Ftp .....Video Backup For Delate File.....Plz ....About Tutorial

Balas

Terima kasih atas kunjungan anda. Ayo berkomentar demi mempererat tali silaturahmi kita sesama blogger dan demi memajukan blog ini! Karena komentar anda adalah dorongan dan motivasi bagi saya untuk tetap bisa menyajikan yang terbaik bagi anda. Dan saya, dengan senang hati akan berkunjung ke blog anda, jika ada kesempatan. ;-)

PERINGATAN : Komentar yang berisikan kata-kata negatif, komentar yang berbau SARA, atau komentar SPAM, akan di HAPUS oleh admin.