Install OS Android di PC atau Notebook

Install OS Android di PC atau Notebook | Saat ini smartphone dan tablet berbasis Android sedang menjadi incaran para pemburu gadget saat ini. OS mobile ini memiliki fitur yang seabreg dan kini sudah banyak aplikasi yang mendukungnya. Tapi kini OS Android pun sudah tersedia bagi mereka yang ingin menginstalnya PC. Tentu saja ini akan menarik dan membuat penasaran bagaimana Android bisa dijalankan di PC.

Tentunya pengalaman yang lebih menarik akan terasa bila anda mempunyai tablet ber-prosesor Intel/AMD atau PC dengan monitor Touchscreen..

Baik.. tanpa buang waktu langsung saja kita tengok cara-caranya..

Langkah pertama, download file .ISO Android berikut (versi yang diinginkan terserah anda)

Donut >> Download
Froyo >> Download
Gingerbread >> Download
Honeycomb >> Download
Ice Cream Sandwich (ICS) >> Download

Langkah kedua, ikuti petunjuk instalasi ke harddisk pada video berikut.

Langkah ketiga, instal ke PC. Anda bisa menggunakan satu diantara 2 media berikut:
  • Menjalankan secara virtual menggunakan VirtualBox. Pilihan ini tergolong lebih aman, karena tidak akan menghapus OS yang saat ini anda gunakan.
  1. Download dan install VirtualBox di PC anda.
  2. Jalankan VirtualBox, klik New, klik Next.
  3. Tulis pada nama OS "Android" (atau sesuai selera) pada OS Type, pilih Linux pada dropbox Operating System, dan Other Linux pada dropbox Version. Klik Next
  4. Pilih Base memory size 256 MB, klik Next.
  5. Pada dialog baru yang muncul, centang checkbox Startup Disk, pilih option Create new hard disk, klik Next.
  6. Pilih Option VDI (VirtualBox Disk Image), klik Next.
  7. Pada Storage Details, pilih option Fixed Size,  klik Next.
  8. Pada seksi Size, atur ukuran ke 8,00 GB atau sesuai selera, klik Next, kemudian klik Create.
  9. Klik Create pada dialog Create new virtual machine.
  10. Double-Klik pada VM Android yang baru saja anda buat.
  11. Pada First Run Wizard, klik Next.
  12. Klik ikon Browse (gambar folder) dan pilih file .ISO yang sudah didownload, kemudian klik Start.
  13. Ikuti petunjuk yang ada pada proses instalasi, atau ikuti video diatas untuk lebih jelasnya.
  • Install langsung ke harddisk fisik PC anda. Pilih metode ini jika anda ingin me-multiboot OS yang sekarang anda pakai, atau jika tidak ada OS lain terinstal di PC anda.
  1. Burn file .ISO yang sudah anda download kedalam CD, atau Download Universal USB Installer.
  2. Jika anda mendownload Universal USB Installer, Jalankan, lalu klik I Agree. Jika menggunakan CD, lanjutkan ke nomor 4.
  3. Pada Dropbok dibawah Step 1, pilih Android-x86. Kemudian Klik Browse, lalu cari file .ISO yang sudah didownload. Pada Dropbox dibawah Step 3, pilih drive letter USB flashdisk anda. Klik Create. setelah selesai klik Close.
  4. Restart Komputer, masuk ke bios setup saat tampilan "Press DEL to run Setup" (tombol DEL bisa diganti sesuai dengan merek motherboard/PC yang anda pakai)
  5. Pada menu BIOS, pilih "Boot" atau "Advanced BIOS Setting" (tergantung motherboard) pilih "Set Boot Device Priority" ubah 1st Boot device ke CD-ROM atau USB-HDD. tekan F10 kemudian pilih Yes.
  6. Ikuti petunjuk yang ada pada proses instalasi, atau ikuti video diatas untuk lebih jelasnya.
Setelah semua langkah dari satu diantara metode berikut diikuti, anda kini bisa menikmati Android berjalan di PC anda. Anda tinggal menjelajahi aplikasi-aplikasi bawaan yang tersedia atau mendownload aplikasi anda sendiri.

Selamat mencoba.. :-D

6 comments

gan tau caranya nge uninstal nya g?

Balas

maaf baru dibalas..
kalau pake virtual box, tinggal buka virtualboxnya, klik vm androidnya, terus delete. klik remove all files. kalau diinstal di hard disk, diinstall ulang atau selama didual boot bareng windows, pakai software easyBCD.

Balas

cara fungsiin cursur mouse sama keyboard pcnya gmn tuh gan? aq pake virtual box....trusngatur koneksi internetnya gmn? msh bingung

Balas

gimana cara ngatur cursornya ane nginstal di virtual box udah bisa di instal tapi cursornya gimana ?

Balas

buka dulu vm androidnya, klik menu devices > usb devices > klik nama mouse yang agan pakai (biasanya namanya usb mouse atau apa lah) saran ane cuma mouse yang difungsiin, karenashutdownnya harus pakai keyboard. caranya teken ctrl+H.

kalau koneksi internet belum tahu tuh..

Balas

buka vmnya, klik menu devices > usb device > namausb mouse yang agan pake.

Balas

Terima kasih atas kunjungan anda. Ayo berkomentar demi mempererat tali silaturahmi kita sesama blogger dan demi memajukan blog ini! Karena komentar anda adalah dorongan dan motivasi bagi saya untuk tetap bisa menyajikan yang terbaik bagi anda. Dan saya, dengan senang hati akan berkunjung ke blog anda, jika ada kesempatan. ;-)

PERINGATAN : Komentar yang berisikan kata-kata negatif, komentar yang berbau SARA, atau komentar SPAM, akan di HAPUS oleh admin.