Cara Mengubah Background pada Template Blog

Cara Mengubah Background pada Template Blog | Posting tuts blog lagi ah, mumpung dapet ide :D

Kali ini saya akan share sedikit yang saya tahu mengenai cara mengedit background blog dengan cara mengedit template blog. Untuk sobat yang masih menggunakan template bawaan blogger, Akan lebih mudah untuk mengubah background blog sesuai keinginan, dengan menggunakan fitur template designer. Namun lain lagi halnya jika sobat menggunakan template dari sumber external (download), dimana sobat harus mengedit HTML untuk dapat merubah background.

Nah sekarang langsung saja kita menuju ke langkah-langkahnya :
  1. Pastikan sobat sudah login ke akun Blogger sobat.
  2. Pergi ke dasbor, lalu pilih Template, bila perlu backup dulu template yang sekarang sobat gunakan.
  3. klik Edit HTML
  4. Tekan F3 lalu cari kode <style type='text/css'> dan sobat akan menemukan kode seperti ini di bawahnya :

    body{background:#000

    lalu sobat akan menemukan kode "url" yang disampingnya terdapat URL background template blog yang sedang sobat gunakan dalam tanda kurung, seperti ini :

    url(
    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQAZkJcDuYfsogk1T7w-f8uV_jllWlm3U5xv5NwHH3vkAb2h2NtEopF95Xj7V7xkAlgJL_LdhoD3TXomq9uBmyn9VmZasNvLR5YOhpIIGS-eL_lHtlgKL_fIT0dXOLHg2lafh38l4XjLkq/s1920/background.jpg)

    untuk blog yang masih belum menggunakan gambar alias masih menggunakan warna solid, sobat bisa copas kode diatas setelah kode #body dan mengganti URLnya.
  5. Sekarang sobat ganti URL tersebut dengan URL gambar yang sudah sobat upload. Sobat bisa mengupload gambar dengan mengandalkan situs picture storeage seperti Photobucket, Picasa Web Albums, atau bisa langsung sobat upload ke Blogger.
  6. Jika selesai klik Simpan Template
Tambahan : Sebelum di-save, sobat bisa menambahkan kode berikut ini sebelum kode "color:" tepat setelah URL background blog sobat:
  • "center top repeat;" agar background terpasang dengan tipe tiles mirip wallpaper pada desktop,
  • "background-attachment: fixed;" agar background blog tetap berada di posisinya saaat discroll.
Jika salah satu atau kedua kode ini sudah ada di template blog sobat, langsung save saja :P

Bagaimana menurut sobat, mudah kan?

Sekian dari saya untuk tutorial cara mengubah background blog, selamat mencoba.. :D


3 comments

avatar
Anonymous Admin

mantaapp mas , makasih banyaakk

Balas

mantabbbbbbb...
eh mantap.. gan thank... ^_^

Balas
This comment has been removed by the author.

Terima kasih atas kunjungan anda. Ayo berkomentar demi mempererat tali silaturahmi kita sesama blogger dan demi memajukan blog ini! Karena komentar anda adalah dorongan dan motivasi bagi saya untuk tetap bisa menyajikan yang terbaik bagi anda. Dan saya, dengan senang hati akan berkunjung ke blog anda, jika ada kesempatan. ;-)

PERINGATAN : Komentar yang berisikan kata-kata negatif, komentar yang berbau SARA, atau komentar SPAM, akan di HAPUS oleh admin.