Cara Mengganti Font pada Posting dan Gadget Blog

Cara Mengganti Font pada Posting dan Gadget Blog | Lagi bingung mau bikin postingan apa tapi udah ada niat mau nambahin posting sebelum unlimited  modem habis, ya udah mumpung sekarang lagi ada ide, saya update lagi..

Yup, pada Postingan kali ini saya akan sharing mengenai Cara Mengubah Font pada Posting dan Gadget Blog. Jika sobat menggunakan template bawaan Blogger, sebenarnya mudah untuk mengganti Font Posting dan gadget dengan menggunakan fitur Perancang Template yang disediakan oleh Blogger. Beda lagi halnya dengan blog yang menggunakan Template dari sumber eksternal, dimana font harus diganti dengan mengedit HTML Template yang digunakan.

So tanpa basa-basi lagi (capek ngetiknya -__-) langsung saja kita menuju ke prosesnya :

  1. Login Ke akun Blogger sobat pastinya.
  2. Pergi ke Dasbor, lalu klik Template.
  3. Saran saya, supaya cepat, Download template lengkap dari blog sobat sebanyak 2 kali, 1 untuk Cadangan jika gagal, dan 1 untuk diedit. Caranya Klik pada tombol Cadangkan/Pulihkan, lalu klik Unduh Template Lengkap.
  4. Setelah kedua Template selesai di download, Buka WordPad, lalu klik File > Open, lalu Cari dan pilih salah satu dari 2 template berformat .xml yang sudah didownload tadi.
  5. Tekan Ctrl+F, lalu cari kode berikut : font-family atau font. Ini untuk mengetahui font default yang sedang dipakai oleh template blog sobat. Contohnya :

    font-family:Arial,Helvetica,Sans-serif

    Teks yang ditandai berwarna merah adalah font dominan yang digunakan dalam template blog sobat.
  6. Tekan Ctrl+H, lalu ketikkan Nama font dominan yang sudah dicari tadi, Arial Misalnya, pada kotak Find What. Lalu ketikkan nama font yang ingin digunakan, Ambil contoh kita gunakan Font Comic Sans MS, maka Ketikkan Comic Sans MS pada kotak Replace With.
  7. Klik Replace All. Sehingga akan terlihat seperti ini :

    font-family:Comic Sans MS,Helvetica,Sans-serif
  8. Setelah selesai, Klik Save (Ctrl+S)
  9. Kembali ke menu Template di Blogger sobat, Klik Cadangkan/Pulihkan.
  10. Klik Choose file.., lalu cari template yang sudah sobat edit tadi, kemudian klik Open.
  11. Klik Unggah dan lihat hasilnya.
Sekian dari saya, Selamat mencoba.. :D...

14 comments

boleh nih gan, coba yah.. :D

http://zhalltrozans.blogspot.com/2012/12/perbaiki-memory-penuh-saat-browsing-di.html

come back..

Balas

Makasih sob share nya ... bermanfaat banget bagi ane blogger cupu ... he he he eh ehe

http://cari2-kerja.blogspot.com

Balas

thanks infonya dapat dicoba kunjungan balik www.naufalthedarkness.blogspot.com

Balas

Kunjungan malam Sob,,,
ditunggu kunjungan baliknya
http://tips-gobel.blogspot.com



Gobel's Blog


Balas

boleh juga nih tipsnya.
terima kasih sob infonya..

Balas

Mantap gan artikelnya..!!

Kunjungi juga http://blogsitaufik.blogspot.com/

-Salam Pencinta Blog-

Balas

thanks langsung dicoba mas..thanks

Balas

ko ga bisa ya :"""""

Balas

Keren gan :D
Visit : http://p4ndoo.blogspot.com

Balas

klo untuk memperbesar ukuran font nya gimana gan

Balas

Terimakasih banyak gan, sangat bermanfaat sekali tutorialnya..

http://obatasliindonesia.com/pengobatan-glaukoma-paling-mujarab/

Balas

Terima kasih atas kunjungan anda. Ayo berkomentar demi mempererat tali silaturahmi kita sesama blogger dan demi memajukan blog ini! Karena komentar anda adalah dorongan dan motivasi bagi saya untuk tetap bisa menyajikan yang terbaik bagi anda. Dan saya, dengan senang hati akan berkunjung ke blog anda, jika ada kesempatan. ;-)

PERINGATAN : Komentar yang berisikan kata-kata negatif, komentar yang berbau SARA, atau komentar SPAM, akan di HAPUS oleh admin.