Cara Menambahkan Spoiler pada Posting dan Gadget Blog

Cara Menambahkan Spoiler pada Posting dan Gadget Blog | Bagi yang sering ngaskus atau aktif di forum lainnya, pasti sudah tahu apa itu spoiler, apalagi yang sering buka lapak jual beli disana. Sobat blogger pun bisa menambahkannya di blog sobat.

Spoiler di blog berguna untuk menyembunyikan dan menampilkan gambar/teks/item yang dirahasiakan dan disembunyikan pada posting, atau sebagai kotak kejutan (duh..) maksudnya adalah untuk membuat penasaran pengunjung tentang isi spoiler sehingga pengunjung tinggal membuka, dan juga berguna untuk membuat posting anda terlihat pendek.

Disini saya akan berbagi cara bagaimana menambahkan kotak spoiler pada posting dan gadget blog anda. Langsung caranya aja ya..

  1. Login ke akun Blogger anda.
  2. Pada dasbor, buat posting seperti biasa dengan mengklik New Post atau Entri Baru.
  3. Untuk menambahkan spoilernya, masukkan kode HTML berikut pada posting :

    <div style="margin: 5px 20px 20px;">
    <div class="smallfont" style="margin-bottom: 2px;"><b>Judul Spoiler</b>: <input value="Buka" style="margin: 0px; padding: 0px; width: 55px; font-size: 12px;" onclick="if (this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display != '') { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = ''; this.innerText = ''; this.value = 'Tutup'; } else { this.parentNode.parentNode.getElementsByTagName('div')[1].getElementsByTagName('div')[0].style.display = 'none'; this.innerText = ''; this.value = 'Buka'; }" type="button">
    </div><div class="alt2" style="border: 1px inset ; margin: 0px; padding: 6px;">
    <div style="display: none;">SILAHKAN MASUKKAN SESUKA HATIMU
    <br></div>
    </div>
    </div>
  4. Untuk teks berwarna merah diatas, ganti sesuai keinginan. Dan untuk  "SILAHKAN MASUKKAN SESUKA HATIMU", anda harus menggantinya dengan kode Gambar, Video, Link, atau memasukkan teks tertentu.
  5. Jika selesai klik Publikasikan atau Publish.
Dan dibawah ini contoh spoiler yang baru saja dibuat:


Silahkan Buka:
Udah deh silahkan tutup aja lagi... :P
Demikian cara untuk menambahkan spoiler di blog anda.

Selamat Mencoba.. :D..

Terima kasih atas kunjungan anda. Ayo berkomentar demi mempererat tali silaturahmi kita sesama blogger dan demi memajukan blog ini! Karena komentar anda adalah dorongan dan motivasi bagi saya untuk tetap bisa menyajikan yang terbaik bagi anda. Dan saya, dengan senang hati akan berkunjung ke blog anda, jika ada kesempatan. ;-)

PERINGATAN : Komentar yang berisikan kata-kata negatif, komentar yang berbau SARA, atau komentar SPAM, akan di HAPUS oleh admin.