Keluhan Mereka Terhadap Nokia C2-03


Keluhan Mereka Terhadap Nokia C2-03 | Siapa yang tidak kenal NOKIA? Yup, mereka adalah "Legenda" produsen ponsel yang masih dikenal sebagai rajanya ponsel hingga saat ini. Saat ini pun produk Nokia masih banyak dicari di toko manapun..

Namun di tahun 2011, Nokia seolah sudah hampir terlupakan, dikarenakan produk smartphonenya yang kini tidak begitu dinikmati, banyaknya kasus yang menyebabkan Nokia mem-PHK ribuan karyawannya, ketidak puasan konsumen, membuat Nokia sekarang berfikir kembali dalam menjaga siklus bisnisnya. Bahkan sejak smartphone BlackBerry nge-Boom di Indonesia, remaja-remaja pernah memiliki pikiran demikan : "Cih, Nokia, kampungan amet sih?"
Karena memang begitu, saat ini Nokia hanya serius di Smartphone Windows Phone dan hanya berkutat di pasar low end dengan ponsel Java atau S40 dan S30.

Karena nasibnya di tahun 2011 masih agak gemilang, bulan puasa saat itu (Agustus-September 2011) mereka pun meluncurkan beberapa ponsel yang bersenjatakan fitur Dual SIM Easy Swap, yaitu C2-00, C2-03, dan X1-01.

Nokia C2-03 lah yang sampai saat ini merupakan best seller, setidaknya. Banyak orang yang saya temui menggunakan ponsel ini. Saya pun termasuk yang tertarik memakainya. Saya masih pakai featurephone Samsung saat itu, karena saking pengen-nya, setiap Online saya sering berkunjung ke situs Nokia Indonesia dan GSMArena untuk melihat spek lengkap dan reviewnya.

Namun yang saya temukan setiap melihat reviewnya adalah komplain orang-orang yang memakai ponsel ini, atas ketidakpuasan mereka. Kebanyakan yang komen orang India disana, namun untungnya mereka pakai bahasa Inggris meskipun ada yang tidak begitu lancar. Apa yang mereka katakan?

Mereka mengeluh akan spesifikasinya yang pas-pasan, terutama memori internalnya yang hanya 10 MB sehingga sering hang, tidak bisa membuka format file tertentu, Touchscreen yang tidak nyaman/responsif, dll.

Awalnya saya gak percaya, saya tetep beli juga akhirnya karena saya emang NGEBET banget sama ni hape waktu itu. 1 bulan lebih pemakaian pertama, cukup memuaskan. Tapi entah kenapa saat itu hape ini mati untuk di lepas memorinya dan dipasang di Card-reader dan menyalakannya lagi setelah memori terpasang, HP ini mereset factory sendiri entah kenapa, sejak itulah Hp ini sering Hang, memory full, dsb, Bahkan pernah ini HP sering restart berkali-kali sehingga saya hampir kesal "ni Hape kenapa sih???"

Kini, saya hampir tidak bisa membuka player musik, ganti tema atau membuka galeri foto hanya karena masalah memory full, bahkan tidak bisa menerima pesan.

Di GSMArena banyak yang mengeluh seperti ini, bahkan hal serupa sering terjadi di Nokia S40 seri sebelumnya namun tidak separah yang satu ini.

Jadi, buat anda yang mau meli ponsel baru, saya sarankan agar tidak memilih Nokia C2-03 jika anda tidak ingin mengalami hal serupa. Tapi bagi anda yang masih mau juga, ya silahkan, saat ini Nokia C2-03 dibanderol dengan harga sektiar 800 ribu lebih.

Bagi yang mengalami hal serupa, silahkan utarakan di bagian komen..

67 comments

Loh kasusnya sama kaya ane gan..
Terus.. terus gimana solusinya..
Kalo ane sih udah di gotong ke tukang servis, dan tukang servisnya bilang harus di flash...

Mohon pencerahannya

Balas

ntar ane bikin posting tentang gimana cara flash nokia s40. alhamdulillah sejak ane flash ni hape sekarang udah normal.

Balas

Ane beru aja beli gan... ne baru ketemu ama tulisan agan, sblumnya smpat bingung sich.. mo milih hp yg mn, gmn ya.. perawatannya?

Balas

saran ane gan, kalau udah punya hh ini, jangan banyak nyimpen file di memori internal, artinya, sering2 ngehapus sms masuk, kontak disimpen di SIM dan item disimpan di kartu memori.
dan kalau misal memori gampang penuh tapi isi internalnya gak ada, solusinya di factory reset atau diflash.

Balas

hem,,,, iyah quh juga nie,,,, hap quh c2 03 suka bgt restard sendiri, kalau ada sms masuk mau tak baca ,eh nih hp lagsung mati gitu ajah, trus hidup lagi baru dech isa ke baca smsnya,,, sebbeeeelllll bgt quh ma hp ini....
aplikasi hp quh ini juga ke hapus, gak bisa buat interneten, buat dengerin musik juga gak bisa,,,, huft apes bgt dach quh ini,,,, hp quh gak isa di buat kompromi bgt......

Balas

hehehehe.. tapi semua itu dulu, sekarang habis ni hape "dicuci otak" (atau di-flash firmware) alhamdulillah sekarang ni hape bisa berfungsi lebih baik. tapi tetep, saran ane jangan nyimpen apa-apa di memori internal, kalau udah pake hape ini..

Balas

Hp nokiem sda ane ga bisa hidup nih gan,, gmn caranya biar hidup? Hidupnya cuma bisa sampai logo nokia doank n mati lagi.. mhin pncrhan.a ya,,

Balas

nokianya apa dulu gan? s40 atau s60?

Balas

C2-03 kga mw idup, bisanya smpe kluar logo nokia yrus mati lg, kalo mw d bw k bengkel biaya.a 150rb kta.a, t hp hbs d bantung adek ku gan,,

Balas

hahaha.. nggak tahu tuh kalau sering mati sendiri gara2 dibanting adek..
coba di flash gan.. ntar ane bikin postingannya..

Balas

Gan, g1mana s1h c4rany4 ngeformat memory internal c2 03...?

Balas

di hard reset gan.. tekan *#7780#. atau di flash, saya punya postingannya. Disini

Balas

wah. pnyakit hp n0kia c2 03 q jg gt. tp skrang dah gk lg. skrang mlah aneh, aplikasi default x mlah rusak smuax. stiap mau d bka, pasti muncl tlisan "aplikasi tidak berlaku" stiap selesai ngedownload aplikasi\game, pzti muncl tlisan seperti it lg. trus kalau mau bka fto dri "foto saya" eh mlah gk mau... ini bluetooth nya jg gk bsa d nyalakan lg. supaya bluetooth q bsa nyla, ni hp hrus di matikan dlu. trus d nylakan lg. bru ni bluetooth bsa nyla.. tp shbs bluetooth x d mtikan kmbli, skitar stngah jam, mlah gk bsa d nylakan lg. apkah smua it bsa d perbaiki sperti smula?? tlong bntuanx ya ???

Balas

sama gan, nokia c2-03 ane juga dulu gitu, sejak nge-factory reset sendiri, aplikasinya jadi banyak yang corrupt, kayak yang agan sebutin.. udah gitu buka galeri foto gak bisa lagi..

solusinya di hard reset gan, atau di flash, ane punya artikelnya, Disini gan..

Balas

tp kalau d hard reset, aplikasi default x bsa d pkai lg gak ?

Balas

tapi untuk hard reset gak terlalu berpengaruh ke aplikasi bawaan kayaknya, tapi kalau di flash, semua aplikasi bawaanya bisa kepake lagi gan, soalnya mirip kita ngeinstall ulang windows lagi..

Balas

ow iaia. tp hp sya mem0ri telepon x dah gk brmsalah lg. kalau d hard reset apkah mem0ri telepon x bkalan bermasalah lg ?

Balas

kayaknya sih sama aja gan.. tergantung pemakaian juga.. karena kalau di hard reset kan memori habis, tapi software nya tetep itu2 jga gan..

Balas

oke.oke. thanks ya gan ats info x. soalx saya blm pernah menu it selama sya pnya hp n0kia. . kira2 brapa menit ya qta nunggu proses x it ampe slesai ?

Balas

memakai menu it mkst x. hehe

Balas

kra-kira 15 sampe 30 menit gan, tergantung hpnya juga..

Balas

ia gan. dah sya cba kmren. gk smpai 3 mnit, dah slesai gan. .tp bluetooth x t.tep gk bsa jg. msh kyk kmren aj . it knp ya gan ??

Balas

kalau bluetoothnya masih gak jalan, mending di flash gan, artinya softwarenya diganti, Disini caranya gan

Balas

Kalo Touchscreenya yg bermasalah gak bisa di pencet knapa tuh gan,bisa ada hub dgn software atau hardware langsung?trus kalo ane flash pengaruh gak?

Balas

kenapa sim 2 nya gak bisa dipakai gan..?

Balas

kalau cuma ngelag atau tersendat sendat sih mungkin bisa di flash, tapi kalau touchnya gak bisadipakai sama sekali itu sih hardware/touchnya yang bermasalah gan..

Balas

masak gan? gak kedetect sama hpnya kali..

Balas

kenapa ea bluethooth saya ga bisa aktif ea?

Balas

itu softwarenya gan, tapi gak tau kalau sama hardwarenya juga, cbain aja flash ulang firmwarenya.

Balas

coba direset biar gak hang...
gak bertahan lama sih, tapi cukup membantu.

Balas

kenapa ya gan, hp ane reflek sentuhnya ga bisa, alias lumpuh tapi pas abis ane matiin bisa lagi, terus ane pake buat sms'an, begitu lagi gan,gimana yaa gan..???

Balas

c2-03 gan? gak tahu juga tuh, soalnya selama ane punya hh ini belum pernahkayak gitu, mungkin karena abis buka slidernya kali?

Balas

trlalu byk donlot thema .kyknya jg bs bqin hp ngehang jg ea gan,,,

Balas

iya tuh, apalagi biasanya ukuran file tema kan gede-gede..

Balas

gan hp c2 03 ku jg lg sakitt ne.. masa keypad nya gak bisa di klik2 n gak bisa ngunci pake kunci yang disamping . gmana y solusiny ?

Balas

tapi lampu keypadnya nyala gak? kalau nyala coba cabut batere terus nyalain lagi, kalau nggak berarti ada masalah di keypadnya.

Balas

udah banyak kartu dicoba tapi kok tetap gak kebaca.. ada saran gak..?

Balas

ya berati ada masalah di slot simnya, dimatiin terus diidupin lagi tetep gak?

Balas

kasih solusi nya dunk.. ikh,, ngeselin bgt,kalo ada sms masuk harus restart dulu..

Balas

restart sendiri atau harus dimatiin dulu kalau mau smsnya masuk?

Balas

iya sama .. kalo ada sms masuk, tu c2-03 langsung mati gan... itu kenapa yua..???

rencana maw dibawa ke Nokia Centre nya... bnyak juga keluhan tentang hp ini ya...hufff

Balas

bawa aja.. wkwkwk..
kayaknya sih itu bisa dari softwarenya gan, coba flash firmwarenya.

Balas

Gini gan, c2-03 ane kalau dihidupin hanya layar putih aja yang keluar gak sampe ke logo nokia langsung mati,

Tolong pencerahannya gan

Balas

aq juga pke nokia c2 03,,,tpi msalahnya tombol *0369# nya gk berfungsi!!!

minta solusinya y????

Balas

*#0369# kali, tapi ane juga belum pernah nybain tuh..

lagian ane sekarang pake android gan..

Balas

kalau di hard riset kehapus semua ga..

Balas

iya iya lah, makanya bikin dulu backupnya.

Balas

Aku kan beli hp C2-03 sama tmnku. Pnyku wkt smsan pasti muncul tlsan klo memori teleponnya penuh. Padahal masih 6.8 MB sedangkan tmnku yg memorinya 7.2 MB gak kenapa2. Apa ada mslh dgn hpku? Tolong beri solusi agar memori tlpon hpku bisa normal kembali. thanks

Balas

saran saya nih, kalo bisa jangan banyak nimpen apa2 di memori internal, sering-sering hapus sms yang udah lama. emang kebanyakan makan memorinya itu di sms gan..

tapi jika masih berkelanjutan, coba hard reset.

Balas

Tp wkt sya hard reset tetep saja penuh. Apa harus di flash? aku sdh coba nge-flash tp kok gk bisa2 y?

Balas

agan ngeflashnya pake apa?

Balas

Aku kan mau ngeflash hp pake Phoenix, tapi aku gak bisa caranya download sofware Phoenix itu (sesuai cara yg agan berikan). gimana sih caranya download?!

Balas

kalau download phoenix mh tinggal klik download aja di pagenya..

Balas

gan klo ngembalikan kontak favorit yang hilang gimana yah..?

Balas
This comment has been removed by the author.

saya sendiri sih belum pernah ngalaim gan, tapi di flash mungin bisa gan..

Balas

gan kenapa ya... Hp nokia C203 ane langsung tiba2 tombolnya semua gak berfungsi, termasuk volume dan tombol kuncinya.

Tolong sarrannya min..

Balas

Enggak bisa dikasih WA ya gan?

Balas

bisa,, punya gue aja bisa

Balas

Kok mau di hard reset pake *#7780# muncul security code gmna ya itu? -_-"

Balas

gua jual nih hp gua, yang mau pm gua aja -___-

Balas
avatar
Anonymous Admin

C2-03 saya jga gtu,,,sering mati2 kalau ada sms masuk,, kalau masuk dunia maya hp saya gk bisa hidupin Bluethooth ,,, terpaksa dlu matiin hp nya bru bisa hidup

Balas

gan kalo touch nya sama sekali gak jalan gimana solusinya? di reset *#7370# juga susah kan gak bisa lanjutin, kan touch nya gak jalan.
di flash juga susah, pas colokin kabel data mau pilih modus nya susah.
apa emang harus di banting aja ini c2-03 nya :D

Balas

Ka Angestiya itu nge-reset semua sms dan foto fotonya?

Balas

Ka Angestiya itu nge-reset semua sms dan foto fotonya?

Balas

Selamat pagi, saya mo tanya, c2-03 saya msh baru dpt dari hadiah gk bisa buat internetan ato buka ovi store.
Apa perlu setup sesuatu dulu baru bisa dipake,
Terimakasih sblmnya

Balas

Apa bsa di buat wa.... ni hpku nokia c2 dlam mati bru di ksik orng

Balas

Terima kasih atas kunjungan anda. Ayo berkomentar demi mempererat tali silaturahmi kita sesama blogger dan demi memajukan blog ini! Karena komentar anda adalah dorongan dan motivasi bagi saya untuk tetap bisa menyajikan yang terbaik bagi anda. Dan saya, dengan senang hati akan berkunjung ke blog anda, jika ada kesempatan. ;-)

PERINGATAN : Komentar yang berisikan kata-kata negatif, komentar yang berbau SARA, atau komentar SPAM, akan di HAPUS oleh admin.