Android vs BlackBerry : Pilih yang mana?

Android vs BlackBerry, Pilih yang mana? | Banyak orang-orang di Internet saling adu mulut tentang gadget smartphone mana yang paling bagus, baik di Facebook , Kaskus/forum-forum, ataupun media sosial lainnya. Ada juga orang yang masih menggunakan featurephone atau basic phone ingin beralih ke smartphone, atau pun beralih dari satu unit samrtphone ke smartphone lain namun bingung ingin memilih antara yang saat ini banyak digunakan : Android dan BlackBerry, sehingga mereka pun meminta pencerahan di internet. Disini saya akan membantu menjawab kebingungan mereka akan hal tersebut.


BLACKBERRY

Dari Segi Hardware

Mayoritas perangkat BlackBerry hadir dalam varian full-QWERTY namun juga sudah tersedia varian tertentu yang menggunakan layar sentuh atau kombinasi keduanya. Full Qwerty keyboard akan sangat memudahkan bagi anda yang tidak biasa atau kesulitan dalam mengetik dengan keyboard touchscreen.
Namun, bagi anda yang gemar ber-videocall, videochat, berfoto atau bahkan bercermin dengan menggunakan front camera, BlackBerry sebaiknya bukan menjadi pilihan anda karena tidak ada BlackBerry yang memiliki front camera.
Selain itu, Blackberry pun dikenal boros baterai, padahal penggunaanya semata-mata terlebih hanya untuk BBM-an dibanding fungsi lainnya. Bahkan OS keluaran terbarunya yaitu BB-OS7 di ketahui lebih boros baterai dari varian-varian dengan OS versi sebelumnya.

Dari Segi Software 

BlackBerry OS, dan software yang dikembangkan untuknya, berbasis closed-source sehingga hanya RIM dan para perusahaan pembuat softwarenya yang bisa tahu source codenya. Adapun Apps yang disuguhkan melalui BlackBerry AppWorld (toko Aplikasi BlackBerry) sebagian besar aplikasi berbayar. Itupun apps terlebih dahulu diverifikasi di server RIM untuk kemudian di download di perangkat.
Dan kebanyakan aplikasi tersebut (yang mungkin membutuhkan akses internet) dirancang agar aplikasi tersebut mengirimkan data ke server RIM terlebih dahulu. Hal inilah yang membuat setiap app BB tidak terlepas dari kewajiban berlangganan paket terlebih dahulu.
Terlebih lagi, aplikasi diinstal tepat di memori internal, dan dengan cara apapun tidak bisa diinstal ke memori eksternal. Apalagi mengingat terbatasnya memori internal perangkat. Akibatnya, BB rentan akan hang atau crash.

Dari Segi Penggunaan Tarif

BlackBerry sangat tergantung dengan Paket BIS (BlackBerry Internet Service). Apapun aplikasi yang membutuhkan akses data bahkan peta (BlackBerry Maps) mewajibkan anda berlangganan paket ini terlebih dahulu.
BIS ditawarkan dengan berbagai pilihan paket oleh operator dengan kisaran harga yang berbeda-beda tiap paket. Itupun dibatasi fungsinya. Misal anda pelanggan Telkomsel dan menggunakan BB, dan berlangganan paket BB Lifestyle Rp. 2000,-/hari. Paket tersebut hanya bisa anda gunakan untuk BBM, Email, dan Social Networking. Sedangkan paket Full Service yang sudah bisa digunakan untuk Streaming, Download, dan USB Modem dikenakan harga sekitar Rp. 100.000,- lebih.
Jika Anda tidak berlangganan paket ini, anda tidak bisa apa-apa selain melakukan panggilan atau mengirim SMS, tidak lebih baik dari ponsel Low-end.


ANDROID

Dari Segi Hardware

Mayoritas perangkat berbasis Android Berbentuk Full Touch/Slate namun ada juga yang tersedia dalam Full QWERTY+Touch Bar/Slider. Bentuk ini sangat disukai oleh banyak orang bahkan bentuk serupa juga dihadirkan pada feature phone.
Perangkat Android tidak hanya terfokus pada satu merek saja, ada banyak produsen yang menyuguhkan smartphone dengan OS ini, baik itu Samsung, Motorola, Sony Ericsson (sekarang Sony) HTC, Huawei, bahkan produsen Ponsel lokal macam Cross Dan Nexian. Jadi anda bebas memilih merek apapun sesuai budget dan keinginan.
Dan dengan harga termurah, anda akan mendapat kelebihan yang sama dengan smartphone Android High-End, terutama pada Android lokal. Kelebihannya akan terasa jika anda memilih Android High-end dengan tersedianya front camera, Kecepatan 3G HSDPA yang lebih cepat dan masih banyak lagi.

Dari Segi Software

Baik Android maupun aplikasi yang dikembangkan untuknya berbasis open-source, sehingga, baik perusahaan pengembang software atau hardware, bahkan pengguna rumahan pun bisa mengetahui source codenya. Dan jika terjadi hang/crash, diserang virus, atau kerusakan lainnya, tersedia Custom OS, yaitu OS Android yang dimodifikasi dengan tambahan fitur tertentu bahkan lebih baik dari OS yang pre-installed.
Aplikasi yang disuguhkan Android Market (toko aplikasi Android, sekarang Google Play Store) sebagian besar gratis, dan langsung diinstal tanpa ada verifikasi terlebih dahulu. Apps diinstal melalui perantara koneksi internet ataupun WiFi.
Kekurangannya yaitu sebagian app yang ada di market ada yang diserang virus, sehingga anda harus selektif dalam memilih aplikasi, dan mengunduhnya sesuai kebutuhan. Penggunaan anti-virus sangat disarankan untuk mengecek apakah app yang akan didownload terkena virus atau tidak.

Dari Segi Penggunaan Tarif

Untuk bisa menggunakan internet dan aplikasi yang bergantung padanya, anda cukup membeli paket unlimited sebagai mana anda membeli paket untuk modem. Dengan itu anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari Android anda. Ditambah lagi, tidak ada batasan fitur yang disebabkan harga yang murah sekalipun. Jika paket internet habis, pulsa regular anda gantinya.
Dan untuk Navigasi GPS anda cukup mengandalkan pemancar GPS built-in yang tersedia tanpa takut kehabisan pulsa.
Asyiknya lagi, Anda pun bisa memakai trik internet gratis seperti pada Symbian.


KEDUANYA DALAM SEGI INSTANT MESSENGER

Baik BlackBerry maupun Android memiliki fitur IM yang bervariasi seperti Yahoo! Messenger, WhatsApp, Nimbuzz, eBuddy, dan lainnya.
Namun BB memiliki app IM sendiri yaitu BBM atau BlackBerry Messenger, dan sepertinya hanya ini yang dicari user BB, di Indonesia terutama. Padahal WhatsApp, Line, Viber, Catfiz, dan Nimbuzz misalnya, bisa dihubungkan dengan pengguna yang menggunakan akun yang berbeda, tepatnya universal IM atau cross-platform. Dan pilihan aplikasi-aplikasi IM tersebut lebih banyak jika anda menggunakan Android.

Jadi, Manakah yang menurut anda lebih baik? kalu saya sendiri melihat Android lebih baik Dari BlackBerry, baik dari segi aplikasi maupun fitur lainnya yang ada dan juga dalam hal penggunaan data, dan sifat OS-nya yang bersahabat baik dengan pengguna awam maupun yang Techno Freak.

1 comments:

This comment has been removed by a blog administrator.

Terima kasih atas kunjungan anda. Ayo berkomentar demi mempererat tali silaturahmi kita sesama blogger dan demi memajukan blog ini! Karena komentar anda adalah dorongan dan motivasi bagi saya untuk tetap bisa menyajikan yang terbaik bagi anda. Dan saya, dengan senang hati akan berkunjung ke blog anda, jika ada kesempatan. ;-)

PERINGATAN : Komentar yang berisikan kata-kata negatif, komentar yang berbau SARA, atau komentar SPAM, akan di HAPUS oleh admin.