Widget-widget Yang Sebaiknya Tidak Dipasang Di Blog

Widget Yang  Sebaiknya Tidak Dipasang Di Blog | Setelah beberapa lama asik modding android, kayaknya udah saatnya nih kembali ke dunia blogging lagi.. daripada ni blog gak keurus.. Meski ni tutor udah agak jadul tapi lumayan lah siapa tahu masih ada yang butuh.. :D

Beberapa Widget Blog bagi sebagian blogger mungkin ada beberapa yang menarik untuk dipasang di blog mereka. Entah widget itu akan membuat pengunjung betah atau malah justru mengggangu pengunjung, semua ini demi mempercantik tampilan blog sesuai keinginannnya. Ini yang sering menjadi masalah, selain dapat membuat waktu loading blog menjadi lambat (terutama bagi pengunjung dengan koneksi yang kurang cepat), widget yang tidak penting bisa saja berpengaruh terhadap visitor.

Nah di postingan ini saya punya saran untuk widget-widget yang sebaiknya tidak dipasang di blog. Apa saja widget-widget tersebut? Diantaranya :

1. Widget Music Player

Widget yang satu ini terkadang menjadi favorit bagi para blogger. Lagu yang dipilih untuk menjadi background music pun adalah salah satu lagu kesukaan blogger yang memasangnya. Yang jadi masalah, bagai mana jika lagu yang kita pasang tersebut justru tidak disukai oleh pengunjung? Contoh di blog kita memasang widget dengan lagu dari salah satu boyband favorit sedangkan ada pengunjungnya yang lebih menyukai musik barat? Atau karena pengunjung juga memiliki aplikasi pemutar musik jika ingin mendengarkankan musik sambil membaca artikel di blog.

Selain itu, kehadiran widget ini justru akan membuat loading blog menjadi berat. Ini karena widget tersebut melakukan streaming untuk memutar lagu yang sudah ditentukan, yang tentu akan menjadi masalah bagi pengunjung yang memiliki kuota terbatas.

2. Widget Jam Dan Kalender

Widget ini sebenarnya tidak penting, karena untuk mengetahui jam dan tanggal, pengunjung bisa mengecek jam yang terdapat pada taskbar di komputernya, atau jam yang tertera di layar ponselnya. Selain itu, Widget ini hanya akan membuat loading blog menjadi berat.

3. Widget Animasi atau kartun

Widget seperti ini juga hanya akan megurangi kecepatan loading pada blog, dan selain tidak bermanfaat sama sekali, terkadang widget seperti ini bagi beberapa pengunjung justru akan mengaburkan perhatian pengunjung saat membaca artikel blog, terutama jika animasi tersebut adalah animasi yang *ehem* mencolok. :D

4. Iklan

Baik, untuk ini kita maklumi karena mungkin ada diantara para blogger yang bertujuan membuat blog sebagai mata pencaharian, baik utama maupun sampingan. Tidak ada salahnya memasang widget seperti ini, namun demi kenyamanan pengunjung, ada baiknya kita menyortir iklan-iklan yang dipasang di blog kita. Misal satu banner iklan di header dan widget dengan 4 slot iklan ukuran tertentu di sidebar, plus satu banner text iklan di posting.

5. Widget IP detector

Meski bagi sebagian blogger widget ini cukup menarik untuk di pasang, kebanyakan pengunjung tidak suka jika dimata-matai. Karena itu sebaiknya widget ini tidak usah dipasang di blog.

6. Widget Label

Sebenarnya tidak ada salahnya juga memasang widget ini, namun perlu diketahui widget ini sebenarnya tidak akan terindeks oleh mesin pencari. Sebagai alternatif, sobat bisa membuat halaman daftar isi atau sidemap yang memuat seluruh artikel berdasarkan label di blog sobat.

Mungkin hanya ini yang bisa saya berikan contoh-contohnya. Intinya, pasanglah widget di blog sobat seperlunya. Ini adalah upaya untuk mengoptimasikan blog sobat dan juga menjaga kenyamanan pengunjung saat mengunjungi blog sobat.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.. :D

3 comments

avatar
Anonymous Admin

btul gan.. tp saya pke label.. hehee :D

come back..

Balas

memang sih gan, karena kadang justru label bisa bikin navigasi blog jadi mudah.. :D

Balas

ouh sipt gan bagus menambah wawasan nich nice

Balas

Terima kasih atas kunjungan anda. Ayo berkomentar demi mempererat tali silaturahmi kita sesama blogger dan demi memajukan blog ini! Karena komentar anda adalah dorongan dan motivasi bagi saya untuk tetap bisa menyajikan yang terbaik bagi anda. Dan saya, dengan senang hati akan berkunjung ke blog anda, jika ada kesempatan. ;-)

PERINGATAN : Komentar yang berisikan kata-kata negatif, komentar yang berbau SARA, atau komentar SPAM, akan di HAPUS oleh admin.