Tips Memilih Custom ROM Android

Tips Memilih Custom ROM Android | Duh kelamaan nangkring di grup Galmin 2 di facebook jadi lupa deh sama blog, mana unlimited modem mau abis lagi, so maaf ya.. sobat-sobat ^-^

Baik, untuk sobat yang Android-Freak pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Custom ROM di Android, tapi untuk yang baru tahu istilah Custom ROM ini, saya akan jelaskan disini..

Custom ROM Android adalah Firmware Android yang dimana file-file sistem dari Stock ROM device Android tersebut telah dimodifikasi  dan ditambah oleh pihak ketiga. Setiap Custom ROM dibuat untuk device yang berbeda-beda. Beberapa diantara Custom ROM yang terkenal di kalangan pengguna Android adalah CyanogenMod dan MIUI. ada banyak pula custom ROM yang dibuat oleh developer lainnya yang dibuat untuk device tertentu.

Keuntungan dari menginstal Custom ROM Android adalah meningkatnya performa device, seperti bertambahnya clockspeed CPU berkat terinstalnya kernel khusus, dan terpasangnya script khusus untuk meningkatkan speed device. dan Tampilan yang bagus tentunya, hehehe..

Nah, supaya kita lebih nyaman dalam menggunakan Custom ROM Android, ada sedikit tips yang bisa sobat terapkan, diantaranya :
  1. Lakukan Backup dari device via Recovery Mode. Ini berguna bila sobat ingin kembali ke ROM sobat sebelumnya jika ada masalah dengan Custom ROM atau sobat tidak puas dengan apa yang diberikan oleh Custom ROM yang sobat gunakan. Gunakan Clockworkmod Recovery untuk melakukan Backup device sobat. Setiap device menggunakan Clockworkmod Recovery yang berbeda, sobat bisa googling untuk mencarinya.
  2. Bacalah Detail dari Custom ROM yang akan digunakan. Ada banyak ROM yang bagus secara tampilan Visual namun masih banyak menyimpan Bug didalamnya. Baca juga detail cara penginstalan demi menghindari hal yang tidak diinginkan setelah Menginstal Custom ROM. Jangan lupa bertanya kepada ahlinya bila ada hal yang ingin ditanyakan mengenai Custom ROM tersebut.
  3. Aplikasi Bawaan. Beberapa Custom ROM menyediakan aplikasi tambahan namun banyak juga yang dibekali aplikasi yang serupa dengan yang disediakan Stock ROM dan membuang aplikasi yang disediakan oleh Stock ROM. Contohnya Custom ROM Super Light untuk device Samsung dimana ROM tersebut menghapus aplikasi yang tidak diperlukan (biasanya bawaan Samsung) seperti SamsungApps dan ChatON.
  4. Pastikan fitur Custom ROM yang disediakan sesuai dengan anda. Tidak semua fitur yang disediakan Custom ROM akan terpakai oleh pengguna. Terlebih lagi blia ROM tersebut dibekali Fitur Advanced.
  5. Perhatikan apakah ROM tersebut sudah Deodexed. ROM Deodexed adalah ROM dimana file *odex yang tersimpan pada partisi Sistem telah terintegrasi langsung dengan aplikasi sistem. ROM yang seperti ini cocok bila sobat hobi melakukan Theming pada aplikasi bawaan, selain intu ROM ini membuat Partisi /system lebih lega. Kebanyak ROM telah dilengkapi dengan App dan Framework yang Deodexed.
  6. Root dan Busybox. Kebanyakan Custom ROM telah memiliki fasilitas ini. Kedua hal ini merupakan hal yang wajib ada pada setiap Custom ROM. Ini agar hak akses ke sistem menjadi lebih mudah.
  7. Perhatikan Base Firmware dari Custom ROM tersebut. Karena pada dasarnya Custom ROM adalah pengembangan dari Stock ROM dengan firmware tertentu, usahakan base firmware dari Custom ROM tersebut sama dengan Base dari Stock ROM. Misalnya Custom ROM untuk device Samsung yang akan digunakan menggunakan base firmware DXLD1, maka pastikan Base firmware dari Stock ROM Samsung yang digunakan adalah DXLD1 pula.
  8. Siapkan Mental. Dengan menginstal Custom ROM maka sobat bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada device sobat.
Mungkin cuma itu yang bisa saya jadikan saran, Selamat ber-Custom ROM-ria.. :D..

13 comments

Nice Share gan..

Kunjung balik y http://igamingliveforgame.blogspot.com/

Balas

mantap nih gan,, jadi nambah deh ilmu ane soal Android lagi

http://infodariom.blogspot.com/2012/11/sitemap.html

Balas

ok, thanks ya kunjungannya, jangan lupa cek serial 7 android lokal ane..

Balas

thx wawasannya untuk android.. :D

come back..

Balas

nice gan :D

koment back ya...
ditunggu lho...

Balas

salam BLOGGER dan salam kenal dari blogger asal kota padang, sumatra barat.
maaf,saya masih Newbie

Balas

ok gpp gan, salam kenal juga..

Balas

nice share broooo

Balas

Ada gk ya gan custom rom yg cocok untuk imo s68?klo ada tlng cpt di share ya gan

Balas

gugeling aja gan, kali aja ada yang punya grup nya di fb, biasanya disana juga ada yang ngeshare cusrom buat imo s68 agan :D

Balas

SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG
PALING MISKIN
DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA .SUAMI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN
DAN 10 TAHUN ITU
KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN
TULANG BERSAMA,SUAMI SAYA
UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP
KELUARGA SAYA..AKHIRNYA
AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMAL YANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU
SEMUA TIDAK PERNAH
MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG
MEMBERIKAN NOMOR,
(MBAH JOYO RATMO) ,, SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI,
(MBAH JOYO RATMO). DAN
AKHIRNYA,(MBAH JOYO RATMO , MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA, ,4D... DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI
SAYA SANGAT
BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA
TERIMAH KASIH SAYA KEPADA
MBAH SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN.(MBAH JOYO RATMO) BAGI ANDA YANG
INGIN MERUBA NASIB
SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI (MBAH JOYO RATMO) DI NO 085-242-474-478-
DEMI ALLAH LANGIT DAN BUMI PASTI TEMBUS 100%






Balas

Terima kasih atas kunjungan anda. Ayo berkomentar demi mempererat tali silaturahmi kita sesama blogger dan demi memajukan blog ini! Karena komentar anda adalah dorongan dan motivasi bagi saya untuk tetap bisa menyajikan yang terbaik bagi anda. Dan saya, dengan senang hati akan berkunjung ke blog anda, jika ada kesempatan. ;-)

PERINGATAN : Komentar yang berisikan kata-kata negatif, komentar yang berbau SARA, atau komentar SPAM, akan di HAPUS oleh admin.