Tips dan Trik Browsing dengan Google Chrome

Tips dan Trik Browsing dengan Google Chrome | Agan-agan ada yang pakai Google Chrome? Sama dengan saya ^-^ tapi terkadang juga saya sering menggunakan browser lain selain chrome, misal Firefox. Banyak orang yang bilang bahwa browsing dengan Chrome lebih cepat dan lebih efisien karena tidak memakan banyak memori.

Untuk bisa menggunakan Chrome lebih baik lagi, disini saya akan bemberikan sedikit tips dan trik tentang bagaimana menggunakan Google Chrome dengan memanfaatkan fitur yang ada.

Tanpa omong panjang pakai main pantun, langsung saja ini dia tips dan triknya :

  1. Sinkronkan Setting dan history Chrome anda dengan Akun Google.
    Jika anda punya akun Google atau Gmail, apalagi jika anda menggunakannya untuk akses ke produk-produk Google (Blogger, YouTube, Google+, Feedburner, dll) anda juga sebaiknya menggunakannya  dengan sign in ke Google Chrome anda. Ini berguna jika anda browsing dengan Chrome di Komputer lain atau membeli komputer baru, anda tidak perlu mengatur Chrome lagi sedemikian rupa dari awal.

  2. Membuka situs tertentu otomatis saat Startup.
    Jika anda ingin langsung Log In ke Facebook tanpa harus membuka tab baru dan mengetik "fb" atau "facebook.com" di omnibox saat startup, Tinggal tambahkan saja Facebook (dan/atau situs lainnya) ke pengaturan Laman Permulaan di Setting Chrome sehingga situs yang diinginkan bisa langsung terbuka saat anda mulai membuka browser Chrome.
    caranya dengan mengklik Settings, kemudian pada bagian On Startup, pilih Open a specific page or set of pages, dan klik Set pages. Kemudian masukkan situs yang diinginkan pada jendela baru

  3. Gunakan Chrome URL untuk masuk ke Setting, Downloads, History, dan Bookmark
    Cukup dengan mengetik URL ke halaman program Chrome tertentu (misal chrome://downloads) pada omnibox, anda bisa masuk ke berbagai pengaturan dan page lain seperti Browsing history, Downloads, dan lainnya, Supaya akses ke beberapa setingan tersebut dapat dilakukan dengan cepat.
  4. Membuka kembali tab yang tertutup dengan cara mudah
    Tidak sengaja mengklik tanda close pada tab browser? Cukup Klik kanan pada tab yang masih aktif dan mengklik Reopen Close tab atau dengan shortcut Ctrl+Shift+T
  5. Browsing dengan aman menggunakan Incognito Window.
    Modus ini berguna bila anda tidak ingin jejak browsing dan download anda terekam di History, sehingga dijamin tidak akan ketahuan oleh orang lain yang menggunakan PC anda. Cookie pun akan langsung dihapus jika browser Incognito ditutup. untuk menggunakan fitur ini cukup dengan menggunakan shortcut Ctrl+Shift+N
  6. Berganti antar-tab dengan keyboard
    Kurang efisien namun sangat membantu untuk berpindah antar-tab yang terbuka bila mouse pada PC anda tidak terpasang dengan baik atau touchpad laptop anda bermasalah. Caranya dengan menggunakan shortkey Ctrl+1, Ctrl+2, dan seterusnya.
  7. Chrome sebagai Kalkulator dan Konverter
    Anda juga tidak perlu mengeluarkan Kalkulator atau membuka program kalkulator pada PC saat browsing dengan Chrome. Cukup isikan kalimat matematika seperti "22 / 7" atau kalimat seperti "10 meters in centimeter" pada omnibox maka hasilnya akan ditampilkan pada dropdown box dan juga pada hasil pencarian Google.
  8. Kelola memori yang digunakan Chrome dengan Google Chrome Task Manager.
    Bila Chrome anda dirasa menggunakan memori yang besar, atau ada salahsatu tab yang bermasalah, anda dapat menggunakan Google Chrome Task Manager dengan menggunakan shortkey Shift+Esc dan mengklik End Process pada halaman yang dipilih.
Dengan tips dan trik tersebut diatas, pasti akan membuat penggunaan chrome menjadi lebih efisien.

Semoga membantu.. :D..

1 comments:

Terima kasih atas kunjungan anda. Ayo berkomentar demi mempererat tali silaturahmi kita sesama blogger dan demi memajukan blog ini! Karena komentar anda adalah dorongan dan motivasi bagi saya untuk tetap bisa menyajikan yang terbaik bagi anda. Dan saya, dengan senang hati akan berkunjung ke blog anda, jika ada kesempatan. ;-)

PERINGATAN : Komentar yang berisikan kata-kata negatif, komentar yang berbau SARA, atau komentar SPAM, akan di HAPUS oleh admin.